40 Tempat Wisata di Kebumen November-2020 Daerah Kota Gombong dan Sekitarnya Indah Bagus Yang Belum Banyak Diketahui | JejakPiknik.com

Posted on

Kebumen merupakan bagian kecil dari provinsi Jawa Tengah yang pada bagian selatannya berupa dataran rendah, sementara sebelah utara ada pegunungan dan perbukitan.

Terdapat banyak sekali tempat wisata tersembunyi yang perlu dikulik dari kabupaten ini. Baik dari Kebumen itu sendiri atau daerah kota Gombong.

Berikut ini adalah beberapa daftar destinasi wisata di Kabupaten Kebumen dan sekitarnya yang wajib buat kamu kunjungi. Apa saja? Mari kita simak!

1. Jembangan Wisata Alam

Foto By @hanifah.15

Alamat: Jembangan, Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54393
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Restoran sampai jam 22.00
Tarif: Rp.4.000
Telepon: 0857-4721-9331
Koordinat: Klik Disini

Jembangan Wisata Alam merupakan objek dengan panorama telaga hijau serta hutan hijau yang mengelilinginya. Ujung dari telaga ini digunakan sebagai bendungan, terusan pintu air dari waduk Wadaslintang bagian timur.

Untuk berkeliling menikmati pemandangan telaga atau mengunjungi Jembatan gatung dan jembatan waduk Pejengkolan cukup mengunakan perahu mesin yang disediakan.

Aneka fasilitas menarik yang ditawarkan pastinya akan membuat wisatawan ingin kembali lagi, seperti kolam pemancingan, outbond, wahana permainan, kebun binatang Jambangan hingga perahu air.

2. Anjungan Wahana Dirgantara

Lokasi: Tambakmulyo, Puring, Jawa Tengah 54383
Buka Tutup: Senin-Minggu 08.00-17.00
Harga Tiket Masuk: Rp.5.000
Nomor Telepon: 0817-0612-515
Google Map: Klik Disini

Anjungan Wahana Dirgantara merupakan wisata edukasi yang berada di Owabong Waterpark. Pesawat yang digunakan untuk anjungan ini berjenis Fokker 28 Seri 400 yang dulunya milik Merpati Nusantara Airline Surabaya.

Banyak pengetahuan yang akan di dapatkan dari anjungan ini. Pengunjung akan lebih tahu mengenai pesawat seperti bentuk black box, kopilot serta simulasi yang biasanya dilakukan dalam pesawat.

Kursi dalam pesawat ini berjumlah 50 penumpang, akan ada pramugari yang juga akan menjelaskan bagaimana memakai sabuk pengaman atau cara mengatasi kondisi darurat. Rasanya seperti benar-benar di dalam pesawat terbang.

3. Goa Jatijajar

Letak: Jl. Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen 54473
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-18.00
HTM: Rp.7.000
No Telp: 0858-9101-9463
Maps: Klik Disini

Goa Jatijajar merupakan destinasi wisata yang cukup dikenal di Kebumen. Goa ini terbentuk dari batu kapur dengan panjang 250 meter dan memiliki simbol gsebuah patung naga yang berfungsi sekaligus sebagai pintu masuk ke dalamnya.

Pemandangan berbagai bebatuan stalaktit dan stalakmit menjadi suguhanya. Selain itu terdapat juga 32 patung tentang kisah Raden Kamandaka atau dikenal dengan sebutan Lutung Kasarung.

Pada goa Jatijajar ini juga terdapat empat mata air yang masing-masing memiliki kepercayaan sendiri-sendiri. Penasaran kan ingin segera mengunjunginya!

4. Goa Petruk

Alamat: Raya Gua, Jalan Goa Petruk, Candirenggo, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp.8.000
Koordinat: Klik Disini

Selanjutnya ada Goa Petruk. Spot ini pemandangannya lebih alami dan asli bebatuan stalagnit serta stalagtit bahkan tidak ada penerangan lampu yang memang sengaja tidak dipasang. Pemandangannya terasa lebih unik juga menarik.

Hal lain yang menarik ialah ada tiga lantai terdapat di goa ini. Goa dasar, goa Hindu dan goa Petruk. Tak perlu khawatir saat datang ke tempat ini karena akan ada pemandu yang menemanimu menikmati hingga ke ujung.

5. Goa Barat

Foto By @hoods_son

Alamat: Jl. Pala Marta KM. 0, RT. 2 / RW. 7, Jatijajar, Ayah 54473
Tarif: Rp.30.000
Telepon: 0813-2712-0420
Koordinat: Klik Disini

Mencari destinasi wisata susur goa? Goa Barat boleh dicoba. Spot ini belum seramai Jatijajar dan untuk melihat lebih dalamperlu menggunakan peralatan khusus serta pemandu.

Namun begitu, pemandangan menakjubkan akan ditemukan begitu memasuki mulut goa. Stalagmit dan stalagtit menjadi suguhan yang indah.

Belum lagi beberapa air terjun dengan berbagi ketinggian. Di Goa Barat ini terdapat air terjun yang diberi nama Superman’s Big Sister dengan debit air yang cukup deras. Benar-benar tempat petualangan caving yang sangat pas.

6. Bukit Pentulu Indah

Alamat: Jl. Karangsambung, Kaligending, Kabupaten Kebumen, Jateng 54353
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00 -18.00
Tarif: Rp.2.000
Koordinat: Klik Disini

Bukit Pentulu Indah sering disebut sebagai Kalibiru-nya Kebumen. Pesona indah dari atas ketinggian sungguh sangat menawan. Letaknya berada sejauh 21 km utara dari pusat kota.

Sajian panorama gunung Sindoro dan gunung Sumbing menjadi tontonan menarik dari atas bukit ini. Kawasan tersebut penuh dengan pemandangan hutan pinus.

Untuk melihat semua pemandangan itu wisatawan bisa menikmatinya dari atas rumah pohon atau gardu pandang. Suguhan sunrise atau sunset akan menjadi hadiah yang paling menakjubkan dari tempat ini.

7. Bukit Langit

Alamat: Jl. Karanganyar, Giripurno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54361
Koordinat: Klik Disini

Bukit Langit bisa dikatakan destinasi wisata yang masih baru. Lokasinya menarik karena pemandangan saat sunset dan sunrise sangatlah menakjubkan. Menariknya lagi, kamu bisa berkemah sambil menunggu matahari terbit saat pagi buta.

8. Bukit Pranji

Alamat: Pengaringan, Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54361
Koordinat: Klik Disini

Menapaki bukit Pranji dengan menggunakan sepeda motor akan menjadi petualangan yang menarik di sini. Panorama alam mempesona akan terlihat memukau apalagi jika cuaca cerah penampakan gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Belum lagi penampakan sunset serta sunrise

Saat bermalam pun akan melihat pemandangan langit penuh bintang, bagaikan lukisan yang sempurna. Jadi tak ada salahnya jika melakukan kemah di bukit Pranji sesekali.

9. Laguna Pantai Bopong

Foto By @explore_kebumen

Alamat: Surorejan, Puring 54383
Tarif: Rp.2.000
Koordinat: Klik Disini

Keungulan yang coba ditawarkan dari Pantai Bopong ini ialah berupa keindahan alam Laguna yang berada tidak terlalu jauh dari wisata pantai.

Laguna pantai Bopong yang dikelilingi bukit-bukit dan lembah berhiasi tumbuhan pandan berduri serta kelokan sungai kecil. Laguna ini terletak di sebelah timur wisata pantai Bopong sekitar 400 meter.

Ada gumuk pasir serta jembatan juga gardu pandang sebagai fasilitas yang ada di sana. Aliran sungai meliuk-liuk itu cukup jernih dan menenangkan sehingga tempat ini menjadi semakin menarik minat wisatawan.

10. Waduk Sempor

Alamat: Gombong, Waduk Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54421
Tarif: Rp.4.000
Koordinat: Klik Disini

Mencari suasana nyaman, segar untuk refreshing dengan pemandangan alam air nan luas? Panorama birunya air ditambah perbukitan hijau bisa ditemukan di Waduk Sempor. Untuk berkeliling sekitar waduk bisa menyewa perahu yang disediakan.

11. Patemon Watu Pawon

Alamat: Desa Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp.5.000
Koordinat: Klik Disini

Watu Pawon Patemon merupakan daya pikat dari pantai Patemon. Bisa dikatakan wisata ini masih terbilang baru. Namun masih terus dikembangkan oleh masyarakat sekitar agar dapat menjadi tempat wisata.

Pantai Patemon ini berada di atas bukit dengan batu karang. Suguhan yang didapat dari atas bukit itu adalah kemegahan Samudera Hindia yang sangat menawan.

Tak hanya itu saj,a pemandangan gugusan pantai timur dan beberapa goa akan terlihat di sisi timur. Jika beruntung dengan kondisi cuaca barisan pegunungan Gunung Kidul pun bakal nampak.

Lokasi ini juga memberikan beberapa spot bagi pemburu selfie dengan background yang anti mainstream. Misalnya saja jembatan pelangi dan rumah pohon, dijamin liburan akan lebih terkenang dengan koleksi foto yang mempesona.

12. Arung Jeram Padegolan

Alamat: Sendangdalem, Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54394
Koordinat: Klik Disini

Mencari petualangan berupa arung jeram? Lokasi yang tepat untuk memuaskan hasrat tersebut adalah Arung Jeram Padegolan. Titik awalnya ada di desa Sedang Dalem berakhir di Bendungan Pajengkolan.

Sungai Padegolan ini berada pada hilir waduk Wadaslintang. Sepanjang menapaki arung jeram akan disuguhi pemandangan sungai Padegolan serta deretan pohon sepanjang sungai.

13. Gading Splash Water

Foto By @kiboletsgo

Alamat: Pejagoan, Kec. Kebumen, Jawa Tengah 54361
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.30 -17.00
Jumat 12.00-17.00 khusus Perempuan
Tarif: Rp.9.000
Koordinat: Klik Disini

Letaknya berada tidak jauh dari alun-alun kota Kebumen, Gading Splash Water salah satu wisata keluarga yang sangat favorit. Tak hanya menawarkan kolam renang tetapi aneka fasilitas lengkap seperti gym.

Kolam renangnya pun memiliki desain artistik antara budaya barat dan timur.Lebih menarik lagi di tempat ini juga tersedia ruang sauna, aerobik, tempat bermain dan lokasi kuliner.

14. Hutan Mangrove Logending

Alamat: Jalan Ayah – Karangbolong, Argopeni, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473
Koordinat: Klik Disini

Hutan Mangrove Logending berada sepanjang muara sungai Bodo. Tempat ini cukup menarik bagi wisatawan untuk berburu foto. Keindahannya yang alami sangat memanjakan mata.

Tetapi yang menarik selain itu ialah banyaknya ekosistem alam yang bisa kita pelajari. Macam-macam jenis mangrove, aneka jenis burung, molusca, kepiting dan masih banyak lagi.

Wisatawan juga diberi kesempatan untuk ikut menanam pohon mangrove sertaa melihat pemandangan luas pohon bakau lewat gardu pandang yang ada di lokasi ini.

15. Benteng Van Der Wijck

Alamat: Jalan Sapta Marga Gombong, Sidayu, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54416
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Tarif: Rp.25.000
Telepon: 0896-7355-2641
Koordinat: Klik Disini

Destinasi wisata sejarah yang patut disinggahi ialah Benteng Van Der Wicjk, salah satu situs peninggalan pemerintahan Hindia-Belanda pada abad ke-18.

Tak hanya wisata sejarah, di tempat ini juga ditawarkan berbagai wahana keluarga seperti water park, area bermain, terapi ikan, kincir raksasa dan ada juga hotel.

Lokasi ini semakin dikenal sejak dijadikan tempat syuting film laga Indonesia berjudul The Raid 2 : Berandal. Nuansanya sangat eksotis dan penuh sejarah, cocok juga untuk para pemburu lokasi foto bernuansa jaman dulu.

16. Tebing Titanic Pantai Watu Bale

Alamat: Karang Bolong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-17.00
Tarif: Rp.5.000
Koordinat: Klik Disini

Tebing Titanic merupakan salah satu daya tarik yang ada di Pantai Watu Bale. Tebing ini sendiri berupa bukit Panduruan yang kemudian disulap dengan menambahkan spot berfoto berbentuk perahu.

Bisa dibayangkan jika berdiri dipucuk perahu akan terasa seperti sedang di atas kapal Titanic. Tak hanya itu saja yang coba di tawarkan di pantai Watu Bale ini, ada juga rumah pohon dan jembatan segitiga.

Rumah pohon juga sama-sama berada di atas bukit Panduruan, dari sini bisa melihat pemandangan luasnya lautan lepas. Begitu juga dengan jembatan segitiga, bagi pemburu tempat foto yang keren maka tempat ini wajib dikunjungi.

17. Pantai Menganti

gambar By @anaisti24

Alamat: Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473
Tarif: Rp.2.000
Telepon: 0813-2666-1877
Koordinat: Klik Disini

Pantai Menaganti memiliki daya tarik akan pasir putih serta air lautnya yang biru. Pantai ini dikelilingi tebing tinggi serta bukit-bukit hijau yang menjulang.

Pada bagian timur pantai terdapat puncak mecusuar setinggi 20 meter peninggalan jaman Belanda, dari sini akan melihat pemandangan luar biasa dari seluru pantai Menganti. Bahari tersebut letaknya berada di 40 km dari kecamatan Gombong.

18. Pantai Karang Bolong

Alamat: Karangbolong, Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54474
Tarif: Rp.3.000
Koordinat: Klik Disini

Wisata pantai sekaligus goa bisa ditemui di pantai Karang Bolong ini. Sementara pantainya sendiri berpasir putih serta bukit hijau dan jajaran pohon kelapa membuat nuansanya semakin menarik minat.

Bukan hanya itu saja, bahkan tersedia juga aneka warung makan yang akan menemani liburan menikmati ombak yang cukup besar.

19. Pantai Ayah atau Pantai Logending

Alamat: Argopeni Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Tarif: Rp.5.000
Koordinat: Klik Disini

Pantai Logending atau yang selama ini lebih dikenal sebagai Pantai Ayah, letaknya tidak terlalu jauh dari wisata Goa Jatijajar.

Menjadi pantai Ayah karena lokasi pantai ini berada di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Pantai ini luas dan landai dekat dengan kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani. Objek tersebut juga yang paling populer di Kebumen.

Pemandangannya sangat indah. Kerap dijadikan tempat pelabuhan pendaratan ikan sehingga banyak dijumpai nelayan yang kembali dari melaut. Untuk bisa menikmati panoramanya pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling.

20. Pantai Lembupurwo

Alamat: Lembupurwo, Mirit, Lembupurwo, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Tarif: Rp.2.000
Koordinat: Klik Disini

Pantai Lembupurwo salah satu pantai yang mempesona karena memiliki pasir hitam. Pemandangan lain yang bisa ditemui disini ialah danau rawa dan deretan cemaran rindang.

Panorama alam yang sempurna ditambah suasana semilir angin yang berasal dari samudra Indonesia pun membuat kamu bakal jatuh hati dengan spot ini.

21. Pantai Petanahan

Foto By @fitrosulhakim_id

Alamat: Karanggadung Petanahan Kabupaten Kebumen
Tarif: Rp.3.000
Koordinat: Klik Disini

Detinasi plain yang juga menarik di Kebumen ialah Pantai Petanahan. Ombaknya tidak terlalu besar, suasananya nyaman dengan pasirnya putih keabu-abuan. Air lautnya juga jernih.

22. Pantai Suwuk

Alamat: Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring
Tarif: Rp.3.000
Koordinat: Klik Disini

Pantai Suwuk menawarkan panorama pegunungan kapur yang memanjang utara sampai selatan. Spot ini berbatasan langsung dengan pegunungan serta pantai Karang Bolong.

Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Kebumen yakni dengan jarak 50 km. Tak seperti pantai yang ada di Kebumen lainnya yang belum ramai maka pantai Suwuk terbilang cukup ramai pengunjung.

Bisa dibayangkan jika pantai ini pasti telah banyak menarik minat wisatawan. Apa lagi di sekitarnya terdapat sebuah pesawat Garuda Boeing 737 menjadi daya tarik tersendiri.

Fasilitas yang ditawarkan juga sudah cukup lengkap ditambah penawaran menjelajahi pantai dengan menunggang kuda. Nah, seru kan? Jadi, pastikan untuk mengunjunginya ya!

23. Pantai Karang Agung

Alamat: Desa Karang Duhur, Kec. Ayah, Kebumen, Jawa Tengah 54473
Tarif: Rp.5.000
Telepon: 0897-4473-526
Koordinat: Klik Disini

Karang Agung beach memiliki daya tarik tersendiri karena spot tersebut tidak memiliki pasir. Adanya batu karang terlihat sepanjang pantai yang langsung menjorok ke laut.

Sepintas pantai ini mirip Tanah Lot yang ada di Bali karena batu karangnya yang menjulang tinggi. Lokasinya sendiri agak tersembunyi di balik deretan bukit krast Gombong Selatan.

24. Pantai Pecaron

Alamat: desa Srati kecamatan Ayah
Tarif: Rp.2.500
Koordinat: Klik Disini

Pecaron Beach terletak satu daerah dengan pantai Meganti dan Logending. Memang belum ramai tapi sangat menarik bagi yang sedang mencari suasana tenang beralaskan natural alam.

25. Pemandian Air Panas Krakal

Foto By @hana_mufidah11

Alamat: Krakal, Alian, Kebumen 54352
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-17.00
Tarif: Mulai dari Rp.3.000
Koordinat: Klik Disini

Kebumen juga memiliki tempat berendam, namanya Pemandian Air Panas Krakal. Lokasi ini menyediakan kamar mandi VIP dan juga area bermanin anak-anak.

Setiap kamarnya dipisahkan oleh beton berlubang dan telah dilengkapi dengan bangku yang digunakan untuk menunggu. Peraturannya untuk berendam hanya dibatas 15 menit, pria wanita juga dipisahkan tidak boleh menggunakan kamar rendam yang sama.

26. Taman Kota Jendral HM Sarbini

Alamat: Kec. Kebumen, Jawa Tengah 54311
Jam Operasional: Senin-Minggu 06.00-22.00
Koordinat: Klik Disini

Tempat bersantai yang nyaman di Kebumen adalah Taman Kota Jendral HM Sarbini. Bagi kawula muda yang suka mencari spot menarik untuk berfoto maka lokasi ini perlu disambangi.

Taman Kota ini berada di bekas terminal bus Kebumen yang sudah tidak digunakan sejank 2003. Untuk pencari wifi tempat tersebut juga menyediakan sarana hotspot gratis loh!

27. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Alamat: Jalan Raya Timur, Jl. Karangsambung KM.19, Desa Karangsambung, Kec. Karangsambung, Kebumen 54353
Jam Operasional: Senin-Jumat 07.30-16.00
Telepon: 0287 6601181
Koordinat: Klik Disini

Wisata alam menarik lainnya di Kebumen ialah Cagar Alam Geologi Karangsambung. Wawasan alam terbuka beberapa batuan fosil dianggap sebagai bukti evolusi lempeng tektonik.

Segala macam cagar alam batuan metamorf, batuan sedimen dan batuan beku dipajang akan menambah wawasan pengetahuan. Bagi yang gemar mengoleksi akik, tempat ini juga menjual berbagai jenis batu perhiasan dari sumber sungai Luk Ulo.

Segala macam bebatuan telah di olah menjadi cindera mata oleh para pengrajin disini. Nah, buat kamu yang suka koleksi benda-benda unik, wajib mengunjunginya.

28. Gunung Duwur

Alamat: Watukelir Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Koordinat: Klik Disini

Bagi yang ingin merasakan wisata puncak gunung yang tidak terlalu tinggi, Gunung Duwur menjadi pilihan yang pas. Untuk sampai ke puncak dibutuhkan trekking selama satu jam dengan medan tanah berbatu.

Belum ada jalur pendakian resmi tentu harus ekstra hati-hati saat menaikinya. Sesampainya di puncak suguhan Samudera Hindia yang luas akan terlihat pada bagia selatan ditambah garis pantai serta cakrawal sebagai pembatas.

29. Masjid Saka Tunggal

Foto By @aslipurwokerto

Alamat: Pekuncen, Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54421
Koordinat: Klik Disini

Keunikan lain dari wisata di Kebumen yang perlu ditelusur ialah Masjid Saka Tunggal. Masjid ini termasuk tertua yang ada di kota tersebut. Seseuai dengannya namanya, spot ini hanya memiliki saka guru satu.

30. Curug Kali Plumbon

Alamat: Plumbon, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353
Koordinat: Klik Disini

Curug Kali Plumbon berada di antara dusun Grigak dan Plumbon. Berjarak 16 km dari kota Kebumen arah timur tidak terlalu jauh dari Pemandian Air Panas Krakal.

Ada dua tingkatan pada curug ini dengan ketinggian sekitar 15 meter, jatuhan airnya juga sangat cantik. Airnya jernih serta segar mengalir deras dari atas batuan sedimen dengan bertumpuk-tumpuk.

Lebih menarik lagi dasar dari curug ini berupa batuan, ada sebuah kolam warna kehijauan yang luas. Panorama lain yang menambah pesona ialah kebun warga berwarna hijau rindang yang mengapit curug.

31. Curug Silangit

Alamat: Sidoagung, Sruweng, Kebumen, Jawa Tengah 54362
Koordinat: Klik Disini

Letaknya berada di Desa Sidoagung. Meski namanya Curug Silangit namun air terjun ini tidak terlalu tinggi. Untuk sampai ke lokasinya kita perlu menempuh jalur trekking sekitar 30-40 menit.

Petualangan itu akan terbayar dengan keindahan curug nya. Dalamnya hanya sekitar dada orang dewasa, bagi yang bisa berenang tentu tak akan menyulitkan.

32. Curug Silancur

Alamat: Wadasmalang, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353
Tarif: Rp.5.000 untuk parkir motor
Koordinat: Klik Disini

Petualang sejati perlu memasukkan wisata Curug Siluncur kedalam destinasi liburan. Akses perjalanan menuju tempat ini cukup sulit karena harus melewati jalan terjal tinggi air terjunnya sekitar 20 meter.

Tempat ini memang belum terlalu ramai tetapi karena itu justru membuat curug Silancur masih asri, bersih dan alami. Kamu pecinta wisata anti mainstream, wajib menelusurinya!

33. Curug Kedondong

Foto By @aji_jiwenk88

Alamat: Gunungsari, Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54365
Koordinat: Klik Disini

Curug Kedondong ini berada di pedalaman tetapi tidak terlalu jauh dari kota Kebumen hanya 45 km. Berlokasi pada batas hutan pinus dengan hutan garapan warga.

Sumber airnya berasal dari aliran sungai di sela-sela hutan. Lokasinya masih sangat asri dan bersih terjaga karena belum banyak yang mengetahui.

Jangan berharap bisa berendam atau berenang bebas di area ini karena bagian bawah curugnya terdiri dari bongkahan batu-batu. Tetapi tempat ini tetap tak akan membuat wisatawan menyesal mendatanginya.

34. Curug Sudimoro

Alamat: Kenteng, Sempor, Jawa Tengah 54421
Jam Operasional: Senin-Jumat 08.00-17.00
Tarif: Rp.5.000
Telepon: 0818-938-398
Koordinat: Klik Disini

Air terjun Sudimoro atau curug Sudimoro merupakan destinasi wisata yang hingga saat ini terus dikembangkan fasilitasnya.

Curug ini memiliki empat undakan bertingkat sehingga penampakan jatuhan airnya sangatlah indah. Hampir sama dengan spot lainnya, air terjun tersebut juga dikelilingi pepohonan yang asri dan hijau.

35. Jemur Adventure Park

Alamat: Jl. Jemur Clowok, Jemur, Kec. Kebumen, Jawa Tengah 54317
Tarif: Rp.15.000
Telepon: 0857-7330-3480
Koordinat: Klik Disini

Mencari tempat wisata sekaligus bermain? Outbond Jemur Adventure Park adalah jawabannya. Lokasi ini memang masih dalam tahap pengembangan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba sejenak.

Meski begitu sudah ada beberapa fasilitas permainan yang dijamin membuat pengunjung betah. Misalnya saja wall clambing, sliding rope, pelana crossing, rail ways dan flying fox.

Semua permainan sudah ada kategori masing-masing untuk dewasa maupun anak-anak. Tentu dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, fasilitas lainnya ialah gazebo dan area foodcourt.

36. Kedungdowo Adventure Park

Alamat: Kedungdowo, Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54393
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp.2.000
Telepon: 0812-2998-0074
Koordinat: Klik Disini

Kedungdowo Adventure Park ini memang terbilang masih baru. Wisata alam sekaligus petualangan yang letaknya tidak terlalu jauh dari Wisata Alam Jambangan.

Menikmati pemandangan waduk Pejengkolan serta sungai Bedegolan dan alam pedesaan sambil berpetualang akan menjadi pengalaman tak terlupakan di sini.

Wisatawan ditantang untuk uji nyali dengan menaiki flying fox sepanjang 150 meter melintasi sungai Pejengkolan dan kembali lagi ke lokasi awal.

Wahana ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Tak hanya flying fox ada juga rappeling wall dan jembatan gantung yang juga menjadi ikon dari destinasi satu ini.

37. Taman Reptil Kebumen

Foto By @ambarsutoyo

Alamat: Jl. Kaleng No. 11 Desa Adiluhur RT/RW 02/03 Dukuh Alasmalang, Adimulyo, Kabupaten Kebumen 54363
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Tarif: Rp.7.000
Telepon: 0812-1580-021
Koordinat: Klik Disini

Bagi penyuka binatang reptil dan ingin destinasi wisata yang juga memuaskan hasrat kecintaanmu, Taman Reptil Adiluhur menjadi pilihan yang pas.

Segala macam informasi mengenai binatang reptil bisa didapatkan di sini. Selain itu wisatawan juga akan disuguhi aneka koleksi binatang reptil seperti ular, biawak, kura-kura dan masih banyak lagi.

Taman reptil ini sebenarnya milik perorangan yang memang hobi dan menyukai binatang reptil. Spot tersebut milik keluarga Ambar Setyo, pengelolanya pun melibatkan keluarga sendiri.

Bahkan ternyata kampung ini memang telah menjadi desa wisata, selain taman reptil rupanya kampung ini merupakan kampung wisata bahasa Inggris.

38. Waduk Wadaslintang

Alamat: Wadaslintang Kabupaten Wonosobo
Koordinat: Klik Disini

Waduk Wadaslintang bisa dikatakan sebuah bendungan besar di antara perbatasan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo. Pesona alamnya sangat indah, udaranya juga sangat sejuk semilir pegunungan.

Hampir sebagian airnya mengaliri wilayah Wonosobo, sedangkan sungai utamanya berupa sungai Bedegolan. Tak ada salahnya untuk mengunjunginya sesekali.

39. Wisata Alam Lubang Sewu

Alamat: Erorejo, Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56365
Koordinat: Klik Disini

Wisata Alam Lubang Sewu terletak tidak terlalu jauh dari Waduk Wadaslintang. Wisata ini terkenal akibat ramainya pembicaraan di media sosial.

Lubang Sewu ini berasal dari waduk yang surut pada musim kemarau sehingga munculah bongkahan batu-batu putih yang sangat menarik. Lubang-lubang dari batuan kapur itu merupakan habitat bagi para ikan yang ada di waduk Wadaslintang.

Lokasi ini sangat fotogenik sehingga laris dijadikan background foto seperti untuk lokasi pre-wedding. Spot tersebut sepenuhnya dikelola oleh masyarakat setempat.

40. Rumah Martha Tilaar

Alamat: Jl. Sempor Lama No. 28, Desa Wonokriyo, Gombong, Kebumen 54412
Telepon: 0287 473313
Koordinat: Klik Disini

Tempat wisata unik daerah Gombong Kebumen ialah Rumah Martha Tilaar. Lokasi ini menawarkan wisata sejarah, budaya dan bisnis. Nama Martha Tilaar tentu sudah tidak asing lagi, karena merupakan salah satu brand kosmetik terkenal.

Nama itu juga berasal dari si peramu kosmetik itu sendiri yakni Martha Tillar. Pendirian umah ini sengaja dilakukan untuk ikut berkontribusi membangun pariwisata.

Rumah ini milik keluarga Liem seorang pengusaha kaya asal Tionghoa dan direnovasi kembali sehingga membentuk museum. Desain rumah tersebut sangat menarik bentuk klasik ala rumah tempo dulu.

Bagian dalam akan disajikan ornamen kramik zaman dahulu ditambah foto-foto dari Martha Tilaar. Termasuk aneka kosmetik besutan milik perusahaan Martha Tilaar.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.